Headlines News :

Followers

Powered by Blogger.
Home » » Cegah Diabetes, Mulailah Kurangi Minuman Manis

Cegah Diabetes, Mulailah Kurangi Minuman Manis

Written By Admin on Friday, February 12, 2016 | 10:08 AM


Diabetes adalah penyakit yang tidak bisa dianggap remah. Komplikasi penyakit akibat kadar gula darah yang tinggi sangat serius. Karena itu, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Salah satu cara mencegah diabetes adalah mengatur pola makan. Penelitian menunjukkan, mengurangi minuman manis dan menggantinya dengan air putih atau teh tanpa gula bisa menekan risiko menderita diabetes sampai 25 persen.

Penelitian tersebut dilakukan dengan mewawancarai 25.000 orang berusia 40-79 tahun untuk mencatat apa saja yang mereka makan dan minum. Sekitar 11 tahun kemudian, 847 partisipan studi ini didiagnosis diabetes tipe 2.

Ternyata, setiap peningkatan 5 persen total energi yang berasal dari minuman yang mengandung pemanis, akan meningkatkan risiko diabetes sampai 18 persen. Namun jika minuman manis itu kita ganti dengan air atau teh dan kopi tanpa gula, insiden diabetes bisa ditekan sampai 25 persen.

"Studi ini ingin mengetahui apa yang terjadi jika minuman manis, termasuk teh dan kopi, minuman susu, jus dalam kemasan, dan juga soda, digantikan dengan air. Ternyata, mengurangi asupan minuman manis akan mengurangi risiko diabetes," kata ketua peneliti Nita Forouhi dari Universitas Cambridge.

Kebiasaan mengonsumsi minuman mengandung pemanis akan menyebabkan kegemukan sehingga risiko mengidap diabetes pun meningkat.

Selain mengatur pola makan, diabetes juga bisa dihindari jika kita memiliki gaya hidup yang aktif bergerak. 

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BANDUNG

BANDUNG

DPRD KOTA BANDUNG

GEDUNG SATE BANDUNG

GEDUNG SATE BANDUNG
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Media Padjajaran - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya